Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Madu Klanceng Untuk Tukak Lambung

Pada artikel kali ini akan sedikit membahas tentang madu. Dimulai dari penggunaan madu untuk obat tradisional. Kandungan madu secara umum. Beda madu klanceng dengan madu lainnya. Jenis-jenis gangguan pada lambung, dan terakhir manfaat madu klanceng untuk penyembuhan tukak lambung.

Penggunaan Madu Untuk Obat Tradisional

Hampir semua orang tahu dengan madu. Iya madu dikalangan masyarakat umum sudah sering digunakan untuk pengobatan tradisional. Masyarakatpun tidak pernah melakukan penelitian apa benar madu bisa untuk obat ? Namun kemanfaatan madu sudah sering didapati, bisa jadi karena resep pengobatan tradisonal ini memang masih sebatas turun temurun, atau masih bersifat umum, dan jika memang untuk tujuan spesifik sampai seperti obat medis butuh penelitian dan ujicoba yang tidak mudah dan tidak murah dananya. 

Madu sudah sering mendampingi jamu-jamu tradisional, biasanya pemberian madu untuk menghilangkan atau mengimbangi jamu seduh yang rasanya pahit. Dengan diberi madu, maka jamu tersebut jadi lebih bisa dinikmati.

Selain memberikan cita rasa manis pada jamu, apa sih manfaat madu sebenarnya? Memang butuh waktu dan dana tidak murah untuk kita meneliti sendiri satu persatu kandungan madu dan manfaatnya. Dan mungkin juga memang bukan bidang kita untuk melakukan riset tersebut. Namun adanya internet kita bisa mencari dan membaca referensi tentang madu. 


Kandungan Madu Secara Umum

Pada umumnya kandungan madu terdiri  dari  glukosa,  fruktosa,  sukrosa,  air, asam  amino, mineral, vitamin. Madu tinggi fruktosa, dan fruktosa sendiri lebih manis daripada glukosa. Kandungan vitamin pada madu seperti vitamin B1, B2, B5, B6, dan C. Adapun mineralnya seperti : kalsium, natrium, fosfor, besi, magnesium, mangan.

Untuk enzim pada madu seperti enzim  diatase, yang berperan mengubah glikogen menjadi gula sederhana. Ada juga enzim invertase yang mengubah sukrosa menjadi fruktosa dan glukosa. Enzim lain adalah glukosa peroksida yang berguna untuk memproduksi hidrogen peroksida dan glukosa asam glukonik. 



Manfaat Madu Klanceng Untuk Tukak Lambung
Manfaat Madu Klanceng Untuk Tukak Lambung



Manfaat Madu Klanceng 

Madu klanceng atau ada yang menyebut madu kelulut dihasilkan dari lebah bukan penyengat, yaitu lebah Trigona Sp. Lebah tersebut 

Fruktosa dan glukosa pada madu adalah sebagai sumber energi. Karbohidrat sederhana tersebut mempunyai kalori yang lebih tinggi, hanya saja bagi yang memang menghindari gula sepeti penderita diabetes tetap harus berhati-hati, jangan sampai brlebihan konsumsi fruktosanya. Memang madu dan gula sama-sama memiliki kandungan fruktosa dan glukosa, namun madu juga memiliki nutrisi seperti yang sudah disebutkan di atas. 


Manfaat Antioksidan Madu Klanceng
Senyawa protacatechuic acid (PCA) pada madu klanceng adalah jenis antioksidan kuat, manfaatnya bisa mempercepat penyembuhan luka.

Antibakteri Madu Klanceng
Sitokin pada manusia salah satu tugasnya adalah membunuh bakteri jahat. Produksi sitokin tersebut juga bisa ditingkatkan oleh adanya Hidrogen perokside yang ada pada madu klanceng. Hidrogen peroksida dapat juga menarik leukosit ke daerah luka serta dapat menstimulasi limfosit B, limfosit T, dan neutrofil untuk melawan bakteri.


Antiinflamasi 
Madu klanceng juga mengandung senyawa fenolik yang dapat melawan proses peradangan di dalam tubuh. Fungsi ini mirip dengan reaksi antioksidan yang dapat mencegah terjadinya stres oksidatif yang dapat mengakibatkan munculnya berbagai masalah kesehatan pada tubuh, seperti tumor dan kanker.

Mengontrol diabetes
Madu klanceng cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Jenis madu ini memiliki indeks glikemik rendah yang bisa membantu mengontrol kadar gula darah. Meski manis, makanan dengan indeks glikemik rendah tidak memicu kenaikan gula darah secara drastis ketika dikonsumsi. 

Penyakit Pencernaan Yang Umum Diketahui Masyarakat

  • Maag 
Maag bisa diartikan sebagai kumpulan gejala adanya penyakit tertentu. Kumpulan gejala akibat masalah pencernaan disebut dengan dispepsia. Maag pada umumnya dipicu oleh gangguan pada produksi cairan asam lambung. Bila asam lambung diproduksi terlalu banyak, ini akan menyebabkan gejala-gejala yang dikenal dengan sebutan sakit maag.

Gejala yang timbul biasanya berupa rasa nyeri dan panas pada lambung


Kemungkinan Penyebab Maag

Secara teknis maag disebabkan karena keluarnya asam lambung (HCL) dan pepsin dalam jumlah berlebih, hingga melukai dinding lambung sendiri. Sebenarnya dinding (mukosa) lambung  mengeluarkan asam lambung dan pepsin yang berguna untuk mencerna makanan dan membunuh mikroorganisme yang ikut masuk bersama makanan. 

Namun kenapa hal tersebut terjadi. Berikut beberapa kemungkinan penyebabnya :
  • Pola Hidup Tidak Sehat
-Makan dengan porsi yang terlalu banyak
-Makan terlalu cepat
-Terlalu banyak dan sering makanan bersifat asam atau pedas
-Banyak minum minuman berkafein seperti kopi, teh, dan cokelat
-Sering minum minuman bersoda/berkarbonasi
-Kebiasaan makan mendekati waktu tidur
-Merokok
-Cemas dan stres yang tidak terkelola dengan baik

  • Gangguan Pencernaan
Kumpulan gejala-gejala tersebut (maag), bisa juga indikasi adanya sakit gangguan pencernaan seperti :

-GERD (Gastroesophageal reflux disease) atau refluks asam lambung. Sebuah kondisi saat asam lambung mengalir naik ke kerongkongan sehingga berisiko mengiritasi dan bahkan merusak kerongkongan,

-Gastritis, yaitu peradangan atau pembengkakan pada lapisan dalam dinding lambung.

-Irritable bowel syndrome (IBS), yakni iritasi usus disertai dengan kontraksi tidak teratur pada bagian usus besar.

-Infeksi perut, yang biasanya disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori. Infeksi ini biasanya ditularkan dari orang ke orang, namun penularannya dapat juga terjadi melalui makanan atau air yang sudah terkontaminasi.

-Tukak lambung, yakni luka tipis atau lubang yang muncul pada dinding perut Anda
-Kanker lambung
-Penyakit Celiac
-Batu empedu
-Sembelit atau konstipasi
-Peradangan pankreas (pankreatitis)
-Obesitas, yang berisiko meningkatkan kemungkinan Anda untuk mengalami gangguan pencernaan


  • Asam Lambung Naik / GERD
Sedangkan penyebab asam lambung disebabkan saat seseorang memiliki hiatus hernia yaitu adanya bagian lambung yang menonjol masuk ke esofagus. Selain itu ada juga beberapa faktor pemicu lainnya seperti konsumsi minuman seperti kopi, soda hingga makanan pedas.

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah munculnya rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan. Gejala penyakit asam lambung muncul minimal 2 kali dalam seminggu. Asam lambung naik atau penyakit asam lambung bisa dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Asam lambung naik ke kerongkongan (refluks asam lambung) terjadi ketika otot kerongkongan bagian bawah (otot LES) melemah. Otot LES ini seharusnya berkontraksi dan menutup saluran ke kerongkongan setelah makanan turun ke lambung. Bila otot ini lemah, kerongkongan akan tetap terbuka dan asam lambung akan naik kembali ke kerongkongan.


penyebab asam lambung naik
Penyebab Gerd



Kondisi ini lebih berisiko terjadi pada orang lanjut usia (lansia), orang dengan obesitas, perokok, orang yang sering berbaring atau tidur setelah makan, dan wanita hamil.

Obat yang diberikan adalah obat yang dapat menetralkan asam lambung, menurunkan produksi asam lambung, dan obat yang mempercepat pengosongan lambung. 


  • Tukak Lambung

Tukak  lambung  atau Peptic ulcer. Tukak lambung banyak terjadi karena infeksi  Helicobacter pylori. 

Gejala tersebut antara lain:

-Sakit perut, terutama pada saat perut kosong atau pada malam hari
-Perut kembung
-Mual dan muntah
-Demam
-Sendawa yang berlebihan
-Penurunan berat badan
-Hilangnya nafsu makan
-Feses berdarah atau berwarna gelap

Manfaat Madu Klanceng Untuk  Penyembuhan Tukak Lambung

Kondisi  pH madu berkisar  3,2-4,5 , hal tersebut akan meningkatkan pelepasan oksigen dari    hemoglobin sehingga  mendukung    proses penyembuhan . Karena pH madu rendah atau diartikan madu bersifat asam tidak basa, maka madu dapat menghambat aktivitas protease (enzim memecah protein)  dalam menghancurkan  matriks  kolagen . Apa guna matriks kolagen ? Matriks   kolagen diperlukan  dalam   penyembuhan   luka   untuk perbaikan jaringan. Dengan tidak hancurnya matriks kolagen, maka penyembuhan luka dan perbaikan jaringan akan terus terjadi dengan cepat.

Potensi  antibakteri  juga  terdapat  pada  madu  dengan spektrum  luas  untuk  menghambat  pertumbuhan  bakteri  gram  positif,  negatif,  ataupun aerob  dan  anerob.  

Potensi  antibakteri  madu  diperoleh  dari  adanya  kandungan  glukosa-oksidase  yang  teraktivasi  oleh  kadar  pH  madu  yang  rendah.  Glukosa-oksidase  yang teraktivasi  akan  membebaskan  hidrogen  peroksida  sebagai  antibakteri  dan  aktivator fibroblast&sel  epitel  dalam  proses  penyembuhan  tukak  lambung  yang  disebabkan  oleh Helicobacter pylori(Nzeako & Al-namaani, 2006)

Kandungan  mineral  yang  ada  pada madu membantu dalam proses regenerasi sel juga melapisi tukak agar tidak menjadi lebih parah  jika  terkena  asam  lambung.  Aktivitas  antioksidan  dimiliki  madu  yang  berkaitan dengan  potensi  antiinflamasi.  Potensi  antibakteri  juga  dimiliki  oleh  madu  dalam  proses penyembuhan  pada  tukak  lambung.

Madu   memiliki   efek   gastroprotektor   dengan   karakteristik   sifat hiperosmolar  karena  memiliki  konsentrasi  gula  yang  tinggi  dan kadar  air  rendah  yang  menyebabkan  tekanan  osmotik  meningkat dan  air  yang  berada  di dalam  sel  mikroba  keluar  sehingga  terjadi plasmolisis. 

Sifat  higroskopis  juga  dimiliki  madu  karena  kadar  pH rendah  yang  memungkinkan  mikroba  mengalami  dehidrasi  dan tidak  memungkinkan  untuk  tumbuh.    Kandungan  gula  yang  tinggi pada  madu  juga  menyebabkan  madu  memiliki  sifat  osmotik  yang dapat   mengambat   pertumbuhan  bakteri.   

Madu memiliki efek sebagai gastroprotektor dalam  membantu  proses penyembuhan  tukak  lambung karena adanya  potensi  sebagai antiinflamasi, antioksidan, antibakteri, dan mempercepat penyembuhan luka.

Post a Comment for "Manfaat Madu Klanceng Untuk Tukak Lambung"