Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gaya Hidup Sehat untuk Menjaga Kesehatan Lambung dan Menghindari Gangguan Pencernaan

Lambung adalah organ penting dalam sistem pencernaan yang bertugas untuk menampung, memecah, dan mengolah makanan. Kesehatan lambung sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan, karena lambung membantu menyerap zat gizi dari makanan. 

Namun, lambung juga rentan mengalami gangguan akibat pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Gangguan lambung seperti asam lambung, maag, atau tukak lambung dapat menyebabkan berbagai keluhan, seperti nyeri ulu hati, mual, perut kembung, dan lain-lain.


Untuk menjaga kesehatan lambung, kita perlu menerapkan gaya hidup sehat yang meliputi beberapa hal berikut ini:

## 1. Cukupi cairan tubuh

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh merupakan salah satu cara tersimpel untuk menjaga kesehatan lambung. Menurut National Health Service (NHS), konsumsi air dapat mendorong lewatnya limbah melalui sistem pencernaan dan membantu melunakkan kotoran. 

Air juga dapat menetralkan pH lambung saat produksi asam sedang tinggi-tingginya. Usahakan untuk minum air putih minimal 2 liter atau 8 gelas per hari. Hindari minuman yang mengandung kafein, alkohol, atau gas, karena dapat meningkatkan asam lambung dan mengiritasi dinding lambung.


## 2. Makan tepat waktu

Makanlah tepat waktu agar lambung senantiasa sehat. Makan dengan jadwal yang tidak teratur, bisa meningkatkan refluks asam lambung, hingga memicu gejala maag pada pengidapnya. 

Oleh sebab itu, konsumsi makanan dan camilan sehat secara teratur. Lalu, usahakan untuk duduk saat makan, dan makan pada waktu yang sama setiap harinya. Jika Anda ingin makan pada malam hari, makanlah 3 – 4 jam sebelum tidur untuk mencegah asam lambung naik akibat posisi tubuh yang berbaring.


## 3. Jangan lupakan olahraga

Olahraga tidak hanya dapat memperkuat tulang dan otot-otot tubuh saja. Aktivitas fisik yang teratur juga bisa menjaga makanan tetap bergerak melalui sistem pencernaan, sehingga dapat mencegah sembelit serta masalah pencernaan lainnya. 

Di samping itu, olahraga juga bisa mempertahankan berat badan yang ideal yang baik untuk sistem pencernaan. Berat badan berlebih dapat meningkatkan tekanan pada perut dan menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan. Lakukan olahraga minimal 30 menit per hari, 3 kali seminggu.


## 4. Hindari rokok

Merokok adalah kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan tubuh secara menyeluruh, termasuk kesehatan lambung. Rokok dapat melemahkan otot katup antara lambung dan kerongkongan yang berfungsi untuk mencegah asam lambung naik. 

Rokok juga dapat merangsang produksi asam lambung dan mengurangi produksi saliva yang berperan sebagai penyangga asam lambung. Selain itu, rokok juga dapat meningkatkan risiko kanker lambung dan tukak lambung.


## 5. Batasi makanan berlemak

Makanan kaya lemak tak baik bagi fungsi lambung karena cenderung memperlambat proses pencernaan. Nah, kalau sudah begini jangan heran bila kamu mengalami sembelit. 

Alternatifnya, coba batasi konsumsi makanan berlemak. Lalu, kombinasikan makanan ini dengan makanan berserat tinggi agar mudah dicerna tubuh.


## 6. Pentingnya asupan serat

Serat berperan penting dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan, termasuk kesehatan lambung. Kamu bisa memperoleh asupan serat dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Makanan kaya serat juga bisa membuat proses pencernaan berjalan lancar, membantu mencegah sembelit, dan menjaga berat badan yang sehat.


Itulah beberapa gaya hidup sehat yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan lambung. Jika Anda mengalami gangguan lambung yang tidak kunjung membaik, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.


Sumber:

- Gaya Hidup Sehat untuk Menjaga Kesehatan Lambung - Halodoc [^1^][1]

- 9 Cara Mudah Memelihara Kesehatan Lambung | Hello Sehat [^2^][2]


[^1^][1]: https://www.halodoc.com/artikel/gaya-hidup-sehat-untuk-menjaga-kesehatan-lambung

[^2^][2]: https://hellosehat.com/pencernaan/maag/cara-memelihara-kesehatan-lambung/



Jaga Kesehatan Lambung Dengan ZenLamb
Jaga Kesehatan Lambung Dengan ZenLamb


Post a Comment for "Gaya Hidup Sehat untuk Menjaga Kesehatan Lambung dan Menghindari Gangguan Pencernaan"