Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Kayu Bajakah

Potensi pengembangan obat tradisional yaitu obat asli yang sudah digunakan secara turun temurun di suatu negara itu (dalam negeri) atau di negara lain (luar negara asli obat tersebut) memang butuh untuk terus diteliti, diusahakan, tentu semua untuk kemaslahatan bersama penduduk negeri tersebut atau untuk kemanusiaan pada umumnya. Sempat populer beberapa waktu yang lalu tentang kayu bajakah.

Bajakah tampala atau nama ilmiahnya Spatholobus littoralis Hassk,  termasuk salah satu tanaman yang berpotensi dikembangkan untuk obat tradisional. Secara turun temurun,  Bajakah tampala sudah digunakan masyarakat pedalaman Provinsi Kalimantan Tengah untuk mengobati berbagai penyakit.


Manfaat Kayu Bajakah
Manfaat Kayu Bajakah


Kandungan Kayu Bajakah

Ekstrak etanol batang bajakah tampala mengandung senyawa metabolit sekunder berupa :

  • flavonoid
  • saponin
  • terpenoid
  • tannin
  • fenol
  • steroid

Manfaat Kayu Bajakah Bagi Kesehatan

Sebagai Antioksidan

Kandungan fenolik pada kayu bajakah bersifat antioksidan kuat. Antioksidan kuat ini bermanfaat untuk  menangkal efek buruk dari radikal bebas. Peran penting antioksidan lainnya dalam proses pengobatan penyakit degeneratif, seperti diabetes, jantung atau penyakit kardiovaskuler, kerusakan hati, dan bahkan kanker.


Antibakteri

Kandungan kayu bajakah seperti flavonoid, saponin, tanin, dan polifenol. juga bisa mencegah infeksi bakteri ( antibakteri) khususnya Escherichia coli ( E.coli). Penyakit infeksi Escherichia coli salah satunya adalah ISK (  Infeksi Saluran Kemih )


Penyembuhan luka

Saponin dan tannin pada kayu bajakah dapat merangsang pembentukan pembuluh darah baru pada sebuah luka. Sehingga luka akan cepat sembuh

Agar kita bisa memanfaatkan kayu bajakah dengan benar, butuh penelitian lebih banyak akan potensi kayu bajakah tersebut.


Sumber :

Alodokter.2020. Fakta tentang Klaim Manfaat Kayu Bajakah untuk Kanker. Diakses 30 Juli 2021

Saputera, Mochammad.2018. UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK ETANOLIK BATANG BAJAKAH TAMPALA (Spatholobus littoralis Hassk.) TERHADAP WAKTU PENYEMBUHAN LUKA.  Diakses 31 Juli 2021

Post a Comment for "Manfaat Kayu Bajakah"